DIGITAL MARKETING DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UMKM DI SURABAYA UTARA DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

  • Hanifah Belen Fauziyyah stiamak barunawati surabaya
  • Juli Prastyorini Stiamak Barunawati Surabaya
  • Gugus Wijonarko Stiamak Barunawati Surabaya
  • Meyti Hanna Ester Kalangi Stiamak Barunawati Surabaya

Abstract

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi dan internet untuk memperluas fungsi
pemasaran. Strategi ini mempermudah pelaku bisnis terutama UMKM dalam menjalin hubungan dengan pelanggan dan
memasarkan produk. Selain digital marketing, brand awareness juga penting sebagai pengenal produk kepada pelanggan yang
dapat mempengaruhi sebuah keputusan pembelian. Penelitian brtujuan untuk menganalisis pengaruh digital marketing dan
brand Awareness terhadap keputusan pembelian dengan adanya promosi sebagai variabel moderasi. Penelitian kuantitatif ini
menggunakan metodel SEM dan MRA melalui software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital
marketing, brand awareness, daan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara
promosi sebagai variabel moderasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada hubungan antara digital marketing dan brand
awareness terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pemasaran pada
UMKM.
Kata Kunci: Brand Awareness; Digital Marketing; Keputusan Pembelian; Promosi; UMKM.

Published
2025-10-31
Section
Articles